Memberi Pupuk Organik Ke Tanaman Kopi

Unknown 18.46

Untuk saat ini banyak petani kopi yang beralih menggunakan pupuk organik sabagai pupuk tanaman kopi. Selain mudah dalam mendapatkannya pupuk ini bisa dibuat sendiri dengan menggunakan bahan sampah yang kita olah menjadi kompos.

KASIAT PUPUK ORGANIK UNTUK KOPI


  1. Pupuk organik mampu meningkatkan hara serta senyawa oerganik bagi tanah yang kita tanami kopi
  2. Pupuk organik mampu menyuburkan tanan secara alami
  3. Mampu meningkatkan jasad renik dalam tanah.
  4. Mampu mebunuh dan mengendalikan berbagai jenis parasit berbahaya.
  5. Mampu membuat tanaman kopi lebih produktifitas kususnya pada buah. 
  6. Buah tanaman kopi yang dihasilkan lebih bagus, besar dan cepat panen.
TEKNIK MEMBERIKAN PUPUK KE TANAMAN KOPI

Mungkin kita belum tahu cara memberi pupuk ke tanaman kopi secara benar. Teknik pupuk secara benar bisa mempengaruhi pertumbuhan tanaman kopi. Caranya tidak cuma ditabur saja. Berikut cara :


  1. Dengan di tebar di ujung tajuk batang tanaman kopi
  2. Di pendam di sekeliling batang dengan cara melingkari batang kopi.
Waktu pemupukan tanaman kopi juga wajib kita perhitungkan. Kopi akan lebih bagus diberikan pupuk selama 2 tahun sekali saja namun untuk tanaman kopi muda bisa di berikan pemupukan hingga 3-4 kali dalam satu tahun.

DOSIS PEMBERIAN PUPUK KE TANAMAN KOPI

Dosis pemberian pupuk pada tanaman kopi juga harus diperhatikan. Hal ini akan mempengaruhi kualitas serta kesuburan tanaman kopi.

Biasanya kalau menggunakan pupu organik satu batang tanaman kopi bisa menghabiskan 4 kg pupuk dalam setahun. Berati dalam setiap pemupukan membutuhkan 2 kg pupuk organik untuk kita terapkan 2 kali setahun dengan dosis 4 kg setahun.

Lakukan pemupukan secara teratur untuk setiap tahunnya. Hal ini mampu meningkatkan produktifitas tanaman kopi dan juga mampu menetralkannya dari berbagai jenis kendala yang mungkin di sebabkan oleh cuaca. 






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »