Kelebihan Kopi Medium Roast

Unknown 19.37

Dalam dunia kopi, proses roasting adalah tahapan proses yang paling penting. Tahapan ini menentukan karakter mana dan rasa dari kopi yang ingin kita munculkan. Banyak orang yang belum memahami ini, meroasting dengan asal-asalan tanpa mempelajari karakter utama dari kopi itu sendiri. Hal ini bisa mengakibatkan menurunnya kualitas kopi yang akan kita nikmati, walaupun menggunakan single origin yang premium.


Dikutip dari viva.co.id. Proses roasting sendiri mulai dari light roast, meduim roast hingga dark roast. Untuk light roast, biji kopi akan memiliki warna coklat terang karena proses penyerapan panas yang dilakukan tidak terlalu lama, minyak juga tidak muncul pada biji kopi. Selain itu, biji kopi cenderung kering.  


Sedangkan, medium roast ialah tingkatan roasting yang paling banyak digunakan. Dalam tingkat ini biji kopi akan berwarna lebih gelap apabila dibandingkan dengan light roast, tetapi lebih terang apabila dibandingkan dengan dark roast


Untuk dark roast sendiri seperti namanya, merupakan tingkatan paling matang pada proses roasting kopi, apabila melebihi tingkatan ini cita rasa kopi justru tidak sedap. 

Seperti halnya kebanyakan kedai kopi lainnnya, Gemawan Wahyadhiatmika, sebagai pemilik dari Gerilya Coffee and Roastery lebih sering menggunakan medium roast

"Saya bikin medium roast itu buat lebih gampang meningkatkan rasa yang ada di dalam kopi, tapi, pasaran itu sendiri ada yang suka light roast. Di Amerika lagi happening light roast, tapi jadi tergantung pasar, " kata pria yang akrab disapa Gerry saat ditemui di Gerilya Coffee and Roastery, TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis 21 Desember 2016.

Gerry melanjutkan, pada medium roast biji kopi tidak mengeluarkan minyak pada permukaannya sama seperti light roast. Di samping itu, cita rasa yang dihasilkan oleh kopi medium roast juga lebih imbang sehingga menghadirkan banyak rasa. 

Meski demikian, Gerry menjelaskan bahwa tidak ada rasa kopi yang sempurna. Rasa kopi bersifat subjektif tergantung pada selera individu yang mencicipinya. 

“Namun, roaster yang baik harus mampu mempertahankan atau menonjolkan cita rasa kopi yang seharusnya muncul dari biji kopi tersebut,” ujarnya.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »