Jangan Minum Alkohol Dan Kopi Dalam Waktu Berdekatan

Unknown 18.23

Alkohol dikenal dengan minuman yang memabukan. Dan kopi dikenal dengan minuman dengan banyak manfaatnya. Apa jadinya jika anda meminum kedua minuman tersebut dalam waktu berdekatan? Simak penelitian berikut:

Dikutip dari viva.co.id, Sebuah penelitian di Perdue University AS menemukan bahwa minum minuman berakohol dan kafein dalam waktu bersamaan ternyata mampu memicu perubahan pada otak remaja. Efeknya mirim seperti konsumsi kokain dan akan terus bertahan hingga dewasa.


Perubahan terlihat pada otak tikus yang diberi alkohol dan kafein. Mereka menunjukkan tanda-tanda fisik dan neurokimia, mirip dengan tikus yang diberi kokain, sehingga gerak geriknya menjadi lebih aktif.

Namun, tikus dewasa yang diberikan minuman energi berkafein tinggi tidak berdampak pada orang dewasa yang juga mengonsumsi alkohol.

Fenomena yang ada bahwa banyak minuman berenergi yang juga mengandung kafein dapat berisi sebanyak 10 kali lebih banyak dari kafein soda dan sering dipasarkan untuk remaja. Namun, sedikit yang mengetahui tentang efek kesehatan dari minuman, terutama bila dikonsumsi dengan alkohol selama masa remaja.

"Tampaknya dua zat bersama-sama mendorong mereka mencapai batas tertinggi yang menyebabkan perubahan dalam perilaku mereka dan perubahan neurokimia di otak mereka," kata van Rijn.
Para peneliti juga mendeteksi peningkatan kadar protein, yang merupakan penanda perubahan jangka panjang dalam neurokimia yang meningkat pada mereka yang menyalahgunakan obat-obatan seperti kokain atau morfin.

"Itulah salah satu alasan mengapa begitu sulit bagi pengguna narkoba untuk berhenti karena perubahan yang berlangsung di otak, akibatnya mereka kemudian dapat menggunakan lebih banyak kokain untuk mendapatkan efek yang sama," tambahnya.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »