Indonesia Penghasil Kopi Terbesar Ke-4 Di Dunia

Unknown 18.38

Kalian pasti sudah tahu kalau Indonesia adalah penghasil kopi. Tapi tahukah anda kalau Indonesia menjadi negara dengan penghasil kopi terbesar di Dunia? Hal ini dikatakan Direktur Eksekutif Sustainable Coffee Platform Indonesia (SCOPI), Veronica Herlina, saat memberi materi pada Jambore Masyarakat Gambut 2016, di Jambi, Minggu 6 November 2016.

Dikutip dari viva.co.id
Menurut Veronica, sangat penting untuk menjaga pasokan dan memenuhi permintaan kopi global. Karena, Indonesia mempunyai potensi lahan kopi yang dapat dikembangkan secara berkelanjutan.

"Dikhawatirkan, ke depannya konsumsi kopi dan produksi kopi tidak seimbang. Orang yang minum semakin banyak, kafe-kafe baru yang menjual minuman kopi juga semakin banyak," jelasnya.

Sebab itu, SCOPI sebagai organisasi yang menjembatani antara petani dan pengusaha kopi, akan terus mendorong pemerintah agar menambah luas tanaman kopi dengan cara yang baik dan tidak merusak lingkungan.

Selain itu, katanya, Indonesia juga dikenal mempunyai varian kopi terbanyak, dengan jumlah hampir 100 jenis varian kopi Arabika yang tumbuh pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

"Beberapa jenis kopi Arabika yang terkenal adalah Gayo Aceh, Sumatera Lintong, Sumatera Solok Minang, Java Estate, Sulawesi Toraja, dan Papua Wamena," katanya.
Ditambahkan Veronica, sebagian besar produksi kopi Indonesia adalah jenis kopi Robusta, yang mencapai 83 persen dari total produksi.

"Untuk Robusta, yang paling banyak produksinya dari Sumatera Selatan dan Lampung. Sedangkan produksi Arabika yang terbesar ada di Sumatera Utara dan Aceh," jelas Veronica.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »