Aroma Kopi Bisa Meredakan Stres

Unknown 18.40

Aroma kopi memang sangat khas. Apalagi jika kopi tersebut berasal dari biji yang berkualitas. Pasti aromanya sangat nikmat. Tapi tahukah anda bahwa aroma kopi bisa meredakan stres? Dikutip dari caffeineinformer.com para peneliti hingga saat ini telah menemukan 800 kandungan di dalam kopi. Sebagian besar kandungan tersebut berhubungan dengan aroma khasnya. Kopi kaya akan senyawa-senyawa heterosiklik yang mempengaruhi rasa serta aroma suatu bahan. Manusia cenderung menyukai aroma khas kopi karena aromanya menyentuh banyak reseptor bau.


Baca Juga : Aceh : Kopi Gayo

Dilansir dari webmd.com, ada penelitian yang menunjukkan bahwa minum dan mencium aroma kopi bisa berdampak pada gen-gen dan protein-protein dalam otak. Para penulis penelitian yang diketuai oleh Han-Seouk Seo dari Seoul National University menuliskan kalau aroma kopi bisa memengaruhi kita, atau dalam penelitian ini memengaruhi tikus-tikus percobaan, sebagian di antaranya tak mendapat tidur yang cukup.

Dengan tikus percobaan dan biji kopi Colombia yang sudah disangrai, Seo dan koleganya dari Jepang dan Jerman menguji bagaimana aroma kopi memengaruhi otak tikus-tikus dewasa yang “stres” karena kurang tidur dan yang tidak mengalami stres. Kemudian membandingkannya dengan dua kelompok tikus yang stres dan tidak stres tapi tak diberi aroma kopi.

Hasilnya, tikus-tikus yang kurang tidur dan mencium aroma kopi menunjukkan tingkat aktivitas berbeda di 17 gen otaknya. Kadar sejumlah protein otak juga berubah yang bisa memberi efek menenangkan dan memiliki fungsi sebagai antioksidan. Apakah efek yang dirasakan manusia sama dengan tikus-tikus percobaan tersebut bila menghirup aroma kopi? Hal ini sepertinya masih butuh penelitian lebih lanjut.


Bagi anda yang ingin menikmati harumnya kopi di rumah anda, cobalah meletakkan biji kopi yang sudah di sangrai di tempat yang anda inginkan contohnya didekat tempat tidur anda. Aroma kopi tersebut akan membuat anda rilex.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »